Mimpi adalah bunga tidur. Artinya hiasan yang kita lihat saat kita terlelap tidak sadarkan diri. Banyak orang beranggapan bahwa mimpi tidak memiliki makna sama sekali. Sementara pihak lain setuju bahwa mimpi merupakan informasi yang diberikan Allah swt untuk memberitahu hambanya akan hal yang akan ia jalani. Karena berbagai alasan maka mimpi bisa muncul dalam bentuk yang berbeda-beda. Misalnya mimpi indah, seram, mengejutkan, atau mimpi yang tak terlupakan seumur hidup. 

Dari berbagai macam bentuk mimpi yang kita alami, ada beberapa mimpi yang bisa kita maknai dan 99% terjadi dalam hidup kita. Kalau kita baca sejarah para nabi, maka akan kita jumpai adanya mimpi - mimpi yang dialami oleh mereka. Nabi Ibrahim misalnya, yang bermimpi menyembelih putranya Ismail. Lalu Nabi Yusuf yang bermimpi matahari dan sebelas bulan sujud kepadanya, atau mimpi yang dialami oleh nabi Muhammad saw. Maka dapat disimpulkan bahwa meyakini kebenaran mimpi bukanlah syirik. Apalagi kalau kondisi kita dalam keadaan suci ketika tidur. Namun demikian kita tidak bisa begitu saja mempercayai kebenaran mimpi yang dialami oleh seseorang yang kadar imannya meragukan. Semacam tukang ramal,dukun,ahli nujum atau mereka yang terjebak dalam rutinitas kemusrikan. Dizaman nabi saja ada mimpi - mimpi raja yang tidak mampu ditafsirkan oleh ahli nujum. Seperti mimpi raja yang melihat tujuh ekor sapi kurus memakan sapi gemuk. Maka untuk melihat apakah mimpi kita bermakna atau tidak ada beberapa hal yang bisa kita garis bawahi:


  • Mimpi yang bermakna biasanya dialami pada malam hari.
  • Pikiran kita tidak sedang memikirkan hal yang kemudian ada dalam mimpi. 
  • Kebersihan hati kita terjaga. 
  • Mimpi itu akan tidak mudah kita lupakan setelah bangun tidur. 

Dan berikut adalah makna mimpi yang mungkin kita alami:

  • Mimpi dikejar binatang buas, hantu, atau hal-hal yang membuat kita lari bermakna kita akan mengalami kesibukan yang berat. Mungkin berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan lain.
  • Mimpi menggali kuburan bermakna kita akan membuat sesuatu yang tidak berharga menjadi berharga/bernilai. 
  • Mimpi mandi bermakna kita akan membersihkan diri dari sesuatu yang buruk. 
  • Mimpi yang berhubungan dengan air bermakna bahwa kita akan berhubungan dengan ilmu pengetahuan. 
  • Mimpi mendapat ikan atau bayi bermakna kita akan mendapat rizki. 
  • Mimpi membuang hajat/kotoran bermakna kita akan kehilangan rizki. 
  • Mimpi telanjang bermakna kita akan mendapat malu/aib. 
  • Mimpi menikah bermakna kita akan mengalami sakit.
  • Mimpi burung bermakna jodoh kita.
Semua mimpi tersebut pernah saya alami. Ketika istri bermimpi buang air besar, besok malamnya kami kena tilang polisi. Tahu sendiri kan urusannya, pasti duit keluar dari kantong. Mimpi menikah memakai baju putih, saya terkapar sakit sampai tiga hari. Mimpi mandi telanjang, esoknya saya dapat malu ketika sampai di sekolah sleting celana saya rusak di depan kelas. Kemudian saya mimpi menyeberangi sungai dengan naik sapi di tarik kakak saya bernama Sobirun. Saya diterima kuliah setelah tiga tahun berhenti dari bangku MAN/SMA. Dan mimpi-mimpi yang lain.

Jadi kalau anda mengalami salah satu dari mimip tersebut, ya semoga anda sudah tahu apa yang mungkin akan kita alami. Mendapat rizki, masalah, aib atau sial. Semoga saja mimpi kita yang baik-baik aja.

Comments

3 Responses to “Apakah Makna Mimpi Kita?”

  1. Yazid Fahmi on 22 Maret 2012 19.02

    Yang abe setuju yang sebagai bunga tidur gan.hee

    salam kenal gan, oh ya, kunjungi dan berkomentar jga ya di blog ane, Gratis Info Yazid..

  2. ASAZ on 22 Maret 2012 19.38

    tapi dengan mimpi katanya tidur bisa gelisah, atau tidurnya tidak istirahat total

  3. Ahsan Muhlisun on 23 Maret 2012 02.02

    Mimpi memang bisa menyenangkan tapi juga menggelisahkan hati...tentu kita punya pengalaman sendiri-sendiri..thanks untuk kunjunganya..