Masa anak-anak merupakan masa yang paling menyenangkan. Tak hanya bagi si anak itu sendiri, tapi bagi kita yang telah dewasa. Tentu karena tingkah laku mereka yang membuat kita merasa senang untuk mengikutinya. Semenjak mereka mulai bisa berkomunikasi, bergerak, dan beradaptasi dengan lingkungan mereka. Lihatlah kala mereka berbicara, saat mereka bermain, serta saat mereka mengeluarkan ungkapan emosional mereka. Sungguh sesuatu yang lucu dan menyenangkan untuk diperhatikan.
Ada banyak kebaikan yang perlu kita ajarkan pada masa anak-anak. Karena ini dapat mengajarkan anak akan nilai luhur dari kebaikan. Sehingga mereka dapat terhindar dari perbuatan buruk. Diantara kebaikan-kebaikan tersebut adalah : 



  1. Ajarkan disiplin. Ajarkan mereka untuk mengerti waktu. Kapan waktu untuk bermain, kapan waktu untuk istirahat, waktu untuk makan, waktu untuk belajar, waktu untuk mandi atau waktu untuk beribadah. Selain itu kita bisa mengajarkan mereka untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya. Dimana mereka menyimpan mainan, merapikan mainan setelah bermain, serta mengajarkan sikap disiplin untuk meletakkan  pakaian, sendal, atau sepatu yang habis dipakai pada tempatnya. 
  2. Ajarkan menepati janji. Sebagai orang tua tentu kita sering menjanjikan sesuatu kepada anak kita. Mungkin membelikan makanan, mainan, atau mengajak mereka ke suatu tempat. Ketika kita sudah berjanji, maka kita harus menepati janji kita kepada mereka. Ketika kita membiasakan untuk tidak menepati janji, maka anak pun belajar untuk tidak menepati janji. Tak jarang karena si anak lupa untuk menagih janji, orang tua pun tidak menepati janjinya. Dengan membiasakan mengajarkan untuk menepati janji, maka anak akan memiliki tanggung jawab untuk terbiasa melaksanakan janji mereka. Semisal janji untuk tidak nakal, tidak menangis, tidak marah, mengikuti peraturan dan hal-hal sederhana lainnya.
  3. Ajarkan memuji. Pujian sebenarnya sesuatu yang sederhana. Tapi terkadang kita enggan untuk melakukannya pada anak-anak kita. Padahal pujian bisa membuat anak senang, bersemangat, serta membuat mereka terbiasa memuji orang lain. Pujilah anak kita dengan mengatakan kata-kata seperti "wah anak ayah memang pintar", " wah anak bunda memang cantik", "wah anak bunda dah bisa bantu beres-beres", atau "wah anak ayah sudah bisa menggambar", dan masih banyak lagi pujian lain. Dengan memuji mereka, maka mereka pun akan memuji kita ketika kita melakukan apa yang mereka minta. Sehingga terjalin hubungan emosional yang baik.
  4. Ajarkan meminta maaf. Meminta maaf adalah sesuatu yang sangat berharga. Maka ajarkan anak-anak kita untuk meminta maaf ketika membuat kesalahan. Hal itu tentu dimulai dari orang tua. Jangan segan dan ragu untuk meminta maaf kepada mereka ketika kita lupa menepati janji atau berbuat kesalahan. Dengan mengajarkan kebiasaan meminta maaf, anak-anak pun akan meminta maaf ketika mereka berbuat salah. Misalnya ketika mereka membuat adiknya menangis, atau membuat orang tuanya marah. Dengan membiasakan meminta maaf, maka anak-anak akan tumbuh menjadi seorang yang mudah memaafkan orang lain serta tidak egois.
  5. Ajarkan bekerja. Sebagai orang tua tentu kita tidak mau memiliki anak yang pemalas. Karena  itu ajarkan mereka untuk melakukan pekerjaan yang sederhana. Pekerjaan yang sederhana dapat dilakukan secara bersama-sama. Seperti membereskan mainan, mengambilkan pakaian, mematikan keran, menaruh piring sehabis makan atau pekerjaan sederhana lainnya. Tentu disesuaikan dengan usia dan kemampuan mereka. Sungguh akan menyenangkan ketika mereka dapat melakukan pekerjaan yang kita suruh dan mendapatkan pujian.
Sesungguhnya masih ada banyak kebaikan yang patut kita ajarkan. Semoga saja kebaikan sederhana tersebut dapat bermanfaat bagi kita dan anak-anak.

Comments

2 Responses to “Menanamkan 5 Nilai Positif Pada Balita Kita”

  1. Admin on 27 Februari 2012 02.43

    ajakan yang sangat bermanfaat agar anak bisa memiliki mental yang mandiri sejak dini

  2. Ahsan Muhlisun on 27 Februari 2012 14.53

    betul..sebelum terlambat dan jauh lebih susah..thanks kunjunganya.