Sifat pendiam dan pemalu merupakan sifat yang alami dimiliki oleh sebagian orang. Mereka yang pendiam biasanya malu untuk mengungkapkan perasaan atau apa yang ada dalam pikirannya. Meskipun bukan sebagai penyakit yang membahayakan, namun sifat pemalu dan pendiam sedikit menjadikan masalah dalam menjalin sosialisasi dengan orang lain. Tak jarang mereka yang memiliki sifat pendiam dan pemalu dianggap sebagai orang sombong. Sehingga tak jarang menimbulkan prasangka buruk dan kejadian kurang menyenangkan.


Sebenarnya mereka yang pendiam belum tentu memang tidak memiliki pengetahuan yang luas. Karena orang yang diam tatkala berada dalam diskusi atau obrolan identik dengan ketidaktahuan dan kurangnya wawasan untuk dibicarakan. Padahal pandangan itu keliru. Karena tak sedikit mereka yang suka diam dalam diskusi maupun obrolan justru memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Bisa jadi karena sifat pemalu yang menyebabkan mereka memilih untuk cenderung diam dan tidak terlibat dalam pembicaraan di depan umum.

Bagi mereka yang memang memiliki kecenderungan untuk menahan diri dalam pembicaraan didepan publik, bisa menyampaikan pesan mereka dalam kegiatan menulis blog. Kegiatan menulis blog ini sangat membantu mereka yang memiliki sifat pendiam dan pemalu. Dengan menulis di blog berarti kita mengekspresikan apa yang ada didalam pikiran dan perasaan kita tanpa khawatir diperhatikan secara detil oleh orang lain. Hal ini tentu berbeda ketika kita menyampaikan informasi dalam bentuk pembicaraan langsung kepada orang lain. Di samping itu , menulis di blog memberikan efek positif kepada mereka yang pendiam untuk berani menyampaikan dan memperlihatkan isi pikiran dan wawasan mereka. Hal ini akan berbeda jika kita hanya menulis isi pikiran kita dalam buku diary atau pun catatan rahasia yang hanya dinikmati oleh diri kita. Andai pun ada tentu hanya mereka yang kita percaya saja. Berbeda jika kita menulis dalam blog. Karena saat kita menuliskan pikiran kita berarti kita siap untuk menunjukkan diri kita ke orang lain secara umum. 

Selain itu menulis di blog berdampak positif untuk berlatih menyampaikan pikiran kita melalui diskusi dan pembicaraan secara langsung. Hal ini benar-benar dirasakan oleh saya sendiri.  Berbeda kala kita belum membiasakan diri menulis di blog. Maka untuk anda yang memiliki sifat pendiam dan pemalu, menulis di blog bisa dijadikan terapi untuk mengurangi sifat kurang percaya diri anda. Dan menjadikan anda orang yang berubah menjadi aktif dalam obrolan maupun diskusi.


Comments

1 Response to “Manfaat Menulis Blog Bagi Si Pendiam Dan Pemalu”

  1. Ruangtulis on 6 April 2012 02.50

    setuju...dengan menulis blog maka kita bisa ekpresikan ide kita tanpa hambatan...