Menonton bola merupakan hobi yang dimiliki oleh banyak orang. Kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan mereka kepada olahraga sepak bola. Tak perduli apakah mereka bisa atau pun tidak untuk memainkan olah raga ini. Begitu pula apakah tim yang mereka favoritkan berasal dari dalam maupun luar negeri.  Yang terpenting adalah  bagaimana hobi menonton olah raga ini dapat tersalurkan. Baik melalui kegiatan menonton langsung di lapangan maupun melalui layar tv. Semua itu tidak akan mengurangi minat mereka untuk dapat menyaksikan pertandingan sepak bola tersebut.

Bagi mereka yang tidak terlalu hobi dengan sepak bola mungkin akan heran dimana letak sensasinya. Karena bagi mereka menonton bola merupakan hal yang tidak menyenangkan. Dimana 22 orang hanya memperebutkan satu bola selama 90 menit. Wajar memang bagi mereka yang tidak terlalu hobi akan bola. Karena yang terlihat hanya tontonan yang menjemukan dan tak lebih bagus dengan menonton film kartun.


Namun bagi mereka yang gila bola justru merasakan hal yang berbeda. Karena justru disanalah letak sensasinya. Bagaimana keindahan para pemain dalam memainkan bola yang hanya satu diperlihatkan kepada para penonton. Sehingga penonton akan disuguhi dan dibuat kagum dengan keahlian dan kecerdasan mereka dalam mengolah sikulit bundar. Dan tentunya bagaimana para pemain dapat mengalahkan lawannya dengan mencetak gol.

Sesungguhnya ada beberapa alasan yang menciptakan sensasi saat  menonton bola. Yang pertama adalah perasaan nikmat saat melihat para pemain memainkan bola di lapangan. Tentu semakin lihai para pemain memainkan bola, maka akan semakin nikmat kita menyaksikan pertandingan bola. Dan sebaliknya semakin jelek pemain memainkan bola maka akan semakin enggan kita menontonnya. Ditambah jika adanya perilaku kurang baik pemain di lapangan. Seperti berkelahi, memprovokasi emosi pemain lawan dan trik buruk lainnya.

Yang kedua adalah adanya keberpihakkan kita akan sebuah tim. Tentu kita akan tegang saat menonton tim favorit kita bermain di tengah lapangan. Baik saat tim favorit kita dalam posisi menyerang maupun diserang dan tertekan. Semua itu benar-benar dapat membuat andrenalin kita meningkat. Sehingga tak jarang ekpresi yang keluar bisa begitu emosional. Misalnya berteriak, menyalahkan saat tak bisa mencetak gol atau tindakan menendang secara spontan saat menonton bola. Disinilah sensasi menonton bola itu tercipta. Kita akan begitu tegang saat tim kita harus melalui pertandingan yang ketat. Bagi mereka yang tim favoritnya menang maka waktu 2 menit yang tersisa akan terasa sangat lama. Dan sebaliknya, bagi mereka yang tim favoritnya kalah, waktu 20 menit akan terasa sangat sebentar. Wow begitu mendebarkan memang.

Yang ketiga adalah level pertandingan itu sendiri. Ketika pertandingan merupakan fase yang semakin tinggi, maka semakin asyik kita menontonya. Semakin tinggi fase tentu semakin hebat keberpihakkan kita kepada tim favorit kita. Misalnya saat tim favorit kita mampu bermain di babak perempat final, semi final apalagi mampu hingga ke babak final. Karena pasti semakin tinggi dan hebat ketegangan yang kita rasakan. Dan perasaan sensasi pun semakin besar. Dan disinilah kita benar-benar akan merasakan puncak ketegangan. Karena ketika tim favorit kita menang maka kita akan merasa sangat lepas dan senang meskipun kita tidak mendapatkan hadiahnya. Dan sebaliknya, saat tim favorit kita kalah maka begitu kecewa kita akan dibuatnya. Sehingga dapat berimbas pada kegiatan lain seperti ke pekerjaan kita.

Yang berikutnya tentu situasi yang ada. Ketika kita menonton langsung di tempat pertandingan maka akan semakin hebat perasaan tegang yang terasa. Wajar karena disana emosi kita akan terlibat langsung dengan penonton lain. Sehingga semangat keberpihakkan kepada tim favorit kita akan semakin tinggi. Ditambah dengan nuansa semanggat yang diekpresikan oleh begitu banyak penonton yang ada dalam stadion. Berbeda tentunya jika kita menonton sepak bola hanya sendirian didalam rumah.

Sesungguhnya tujuan utama menonton bola adalah untuk mencari hiburan dan kesenangan. Apapun perasaan nanti yang muncul setelah menonton bola hendaknya sesuatu yang positif. Sehingga yang terjadi adalah adanya nilai positif bagi dunia persepakbolaan yang kita cintai. Dan tidak menciptakan hal-hal justru merugikan kita akan keindahan dan sensasi dalam sepak bola. Sehingga sepak bola bena-benar nyaman dan mengasikkan untuk dapat ditonton oleh semua usia dan gender.

Comments

4 Responses to “Apa Sensasi Menonton Bola?”

  1. Yulia Esmet on 20 April 2012 21.26

    klo nnton lgsg pst lbh sru tp tdk bs lht replay.
    Kesehatan Ibu dan Anak

  2. Ahsan Muhlisun on 20 April 2012 21.52

    bener, klo saya enak di tv jadi bisa reply klo ada yang perlu di lihat lagi gk langsung bablas...minimal nobar lwat lyr lebar jadi sama ramenya dgan di stadion.thank kunjunganya.

  3. Indonesia on 21 April 2012 17.51

    sensainya tu,, cenat cenut gitu pak
    gembreget liat pemainnya

  4. Ahsan Muhlisun on 21 April 2012 20.34

    asal jangan mpe tv ketendang saking semangatnya he...