Walaupun sudah banyak media hiburan dimasa kini, namun radio memiliki nilai tersendiri bagi sebagian orang.  Itu karena radio memiliki fungsi yang tidak bisa digantikan oleh media lain. Fungsi yang paling dinikmati adalah sensasi menikmati kembali memori masa lalu hidup kita melalui alunan suara khas yang ada pada radio. Tentu ada sesuatu yang khas ketika kita mendengar jingle radio favorite kita. Atau alunan lagu-lagu lama yang mengingatkan kita akan situasi yang sedang kita alami saat itu. Atau suara khas penyiar radio yang barangkali belum pernah kita lihat wajah aslinya. Namun demikian, sungguh ada perasaan yang berbeda dibanding ketika kita menonton tv, bermain game atau hiburan lainnya. Maka tak jarang jika dimasa yang serba modern ini radio masih memiliki tempat spesial dihati sebagian orang.

Tentu kita masih ingat saat radio menjadi kawan setia kita kala kita masih kanak-kanak, menginjak remaja, hingga mengalami masa berumah tangga. Sehingga radio akan berada di samping kita bila kita melakukan hampir semua aktivitas kita. Dan mendengarkan musik merupakan hal yang biasa kita lakukan saat kita belajar, bekerja hingga ketika kita akan beranjak tidur. Wajar bila ada begitu banyak kenangan yang kita rasakan ketika kita menikmati semua masa lalu kita melalui radio. Barangkali semua itu terjadi karena adanya  lagu yang mewakili perasaan kita saat itu. Kita tentu memiliki lagu-lagu tersendiri saat kita kanak-kanak, saat kita remaja dan mengalami indahnya masa first in love, atau ketika kita mengalami kehidupan berat hingga masa yang membahagiakan. Tentu semua kenangan itu pasti tak kan mudah kita lupakan. 


Tak ada salahnya rasanya mencoba menikmati radio untuk mengenang kembali semua kenangan kita itu. Terlebih bila kita membutuhkan ketenangan dan motivasi karena berbagai masalah dan tekanan pekerjaan. Dengan kita menikmati alunan lagu-lagu favorit kita dimasa lalu tentu bisa membangkitkan semangat dan gairah hidup kita. Karena disana ada lagu yang mewakili perasaan kita saat kita begitu gagah berani menyatakan cinta kita kepada pasangan kita. Baik yang berakhir dengan diterimanya rasa cinta kita maupun ditolaknya cinta kita.  Akan ada perasaan lucu, geli, takjub, heran serta perasaan lainnya saat mengingat kembali tingkah kita kala itu. Hingga tak jarang yang meneteskan air mata karena mengenang semua masa lalu kita. Tentu bukan karena kita mengingat-ingat lagi kesedihan dan kegagalan kita. Namun tujuan utamanya adalah memberikan semangat baru melalui alunan suara yang ada pada radio.

Terlepas dari semua itu, ada waktu yang paling nikmat untuk memanjakan perasaan dengan mendengarkan radio. Pada umumnya banyak orang memilih mendengarkan radio ketika mereka di perjalanan, beristirahat dari pekerjaan atau pun ketika beranjak tidur. Namun banyak diantara mereka yang memilih waktu di malam hari sebelum beranjak tidur. Nyaman sekali perasaan kita kala kita mendengarkan lagu-lagu kenangan yang menjadi lagu favorit kita. Hingga tak terasa ingin rasanya kita mengulang semua kenangan itu. Bertemu dia seseorang yang kita cintai namun gagal menuju pernikahan. Bertemu kawan-kawan saat kita di bangku sekolah hingga saat kita kuliah. Berada ditempat-tempat yang biasa kita kunjungi untuk menikmati masa remaja kita. Dan keinginan lainnya yang tentu sulit untuk diulang kembali. Dan saat malam hari sebelum kita terlelap tidur merupakan situasi yang biasanya tepat untuk menikmatinya. 

Saat ini rasanya tidak terlalu sulit untuk menikmati radio. Karena radio banyak terpasang di aplikasi seperti internet, hand phone, atau media lainnya. Sehingga mudah menikmatinya di mana saja. Karena kita bisa menikmatinya di rumah, kendaraan, tempat kerja atau pun tempat lainnya. 

Dan bagaimanapun radio pernah mengisi perasaan banyak orang. Kehadiran radio telah mampu memberikan semangat dan dorongan untuk mencapai cita-cita kita saat ini. Sesuatu yang barangkali tidak akan dirasakan oleh mereka yang mengalami masa remaja di jaman modern ini. Maka mendengarkan radio akan terasa spesial bila kita menikmatinya disaat dan tempat yang tepat.





Comments

3 Responses to “Sensasi Menikmati Memori Masa Lalu Lewat Radio”

  1. satpambobo on 17 April 2012 19.54

    aku juga hobi dengerin radio menjelang tidur.

  2. satpambobo on 17 April 2012 19.55

    di radio aku dengar..

  3. Ahsan Muhlisun on 17 April 2012 23.07

    Mantap gan..bisa ngilangin suntuk sambil membayangkan masa muda kita waktu pacaran he...thanks kunjunganya.