Walaupun banyak berita miring tentang PNS, namun lulus tes CPNS masih merupakan impian bagi sebagian orang. Hal ini tentu didasari oleh berbagai motivasi. Ada yang ingin menjadi PNS untuk mengabdikan kemampuan mereka kepada masyarakat. Namun tak sedikit pula yang ingin menjadi PNS karena dianggap lebih santai dan terjamin pekerjaan dan gajinya. 

Ada banyak cara yang akhirnya dilakukan. Mereka yang dekat dengan kekuasaan dan cukup modal tentu dianggap jauh lebih mudah untuk menjadi calon pegawai negeri sipil. Sementara mereka yang bermodal kecil akan sulit jika harus bersaing dengan mereka yang bermodal besar. Ditambah jika kemampuan akademik hanya standar dulu di waktu kuliah. Maka diperlukan trik dan strategi jitu, yang harus dipersiapkan untuk bersaing menjadi calon pegawai negeri sipil. Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa jadi belum anda ketahui dan belum dilakukan.


Persiapan fisik :
  • Siapkan diri dengan materi-materi test CPNS. Ada banyak sekali contoh-contoh tes CPNS yang bisa kita dapatkan dari internet. Ada yang bisa kita dapatkan dengan gratis ada juga yang mesti bayar. Carilah materi soal yang sesuai dengan formasi yang hendak kita lamar. Carilah sebanyak mungkin karena semakin banyak tentu akan menambah referensi pengetahuan kita.
  • Biasakanlah membaca soal-soal tersebut dan melakukan latihan menjawabnya. Semakin lama persiapan yang kita lakukan tentu semakin baik hasil yang akan kita dapat. Tanamkan lah ungkapan jika kita bersiap seminggu, orang lain sudah bersiap sebulan. Jika kita mempersiapkan tes dalam sebulan, maka orang lain mempersiapkannya setahun yang lalu. Artinya saya harus jauh lebih siap dari orang lain. Karena persiapan yang jauh lebih terencana dan matang tentu lebih baik hasilnya. Sayangnya banyak orang yang sudah mendownload banyak materi soal, tapi jarang menyempatkan waktu untuk membaca dan mempelajarinya. Mereka baru mempelajarinya hanya saat ada penerimaan CPNS saja. Dan tentu hasilnya pun akhirnya mengecewakan. 
  • Kuasailah secara matang  materi yang sesuai bidang dan spesifikasi pendidikan kita.  Namun jangan lupakan pula untuk mempelajari materi yang memang bukan jurusan kita. Karena justru itulah yang menjadi kelebihan kita. Sebagai contoh, jika kita sarjana bahasa Inggris, maka pelajarilah   materi yang lain seperti psikotest, matematika atau materi lain. Karena tentu saingan kita juga menguasai materi bahasa Inggris. Namun belum tentu menguasai materi yang lain. Di sinilah keuntungan jika kita menguasai materi lain yang akan diujikan. Dan untuk mempelajari materi yang bukan spesifikasi kita, bisa kita lakukan dengan bertanya atau belajar dengan kawan. Ini jauh lebih hemat bila tidak ada dana untuk ikut kursus CPNS. Karena kita bisa saling berbagi tanpa perlu khawatir bersaing. Karena formasi yang diambil berbeda. Tentu pastikan bahwa kawan kita memang menguasai bukan asal-asalan menguasai.
  • Tak perlu ragu untuk membeli atau membaca buku-buku untuk anak SD. Materi yang ada biasanya lebih sederhana  dan mudah untuk dipelajari. Ini berguna  bagi mereka yang telah  lama lulus dari perguruan tinggi.  Karena tentu akan cukup berat jika mesti bersaing dengan mereka yang baru lulus . Dimana ingatan kita sudah berkurang jika harus mempelajari dan mengingat materi semacam matematika. Berbeda dengan mereka yang fresh graduated.
  • Jaga kesehatan menjelang test. Hal ini dilakukan dengan cukup makan dan istirahat. Tentu mengecewakan jika pada hari H test, justru kita ambruk karena kebanyakan begadang untuk belajar.
Selain persiapan fisik, ada persiapan mental yang selayaknya kita perhatikan berikut ini :
  • Biasakanlah untuk menahan emosi jauh sebelum test CPNS dilaksanakan. Semakin kuat kita untuk tidak emosi, marah atau hal hal lain  yang dapat mengganggu pikiran dan perasaan, maka akan semakin baik hasilnya. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan ketenangan dan kejernihan pikiran saat kita mengerjakan test. Jika kita sering emosi dan marah, maka kita akan sulit untuk berkonsentrasi mengerjakan test. Sehingga materi yang sudah kita pelajari dan kuasai sulit untuk diingat. Justru kebuntuan yang kita dapatkan. Walaupun pertanyaan yang kita kerjakan pernah kita pelajari. Mungkin sepele tapi jarang dipersiapkan dan diketahui trik ini.
  • Jangan malas untuk memperbanyak ibadah dan doa. Bagaimanapun saat kita banyak melakukan ibadah, tentu hati pun menjadi tenang. Artinya kita tidak terlalu risau dengan urusan adanya permainan yang tidak fair dalam penerimaan CPNS. Kita akan yakin bahwa rezeki tidak akan lari ke orang lain jika memang ditakdirkan untuk kita. Sehingga keresahan dan kekhawatiran tak menyelimuti perasaan kita. 
Moga tips ini bermanfaat untuk menghadapi test CPNS di tahun yang akan datang khususnya bagi anda yang bermodal kecil, kecerdasan pas-pasan he.. termasuk saya. Dan pengalaman ini sudah saya buktikan dan rasakan bersama kawan yang senasib ( serba pas) he... Maaf untuk tidak menyertakan link-link download cpns.







Comments

6 Responses to “Tips Lulus CPNS Tanpa Menyogok”

  1. Indra Kusuma on 18 Februari 2012 10.48

    Tips yang dapat membantu untuk calon peserta dalam menghadapi ujian sekolah dan CPNS.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

  2. Ahsan Muhlisun on 18 Februari 2012 15.01

    Ok..salam sukses kembali.moga bermanfaat.

  3. ferrymuhfida on 18 Februari 2012 20.17

    Insyaallah segala hal yang baik, bermanfaat!!! salam sukses slalu.

  4. Ahsan Muhlisun on 18 Februari 2012 22.10

    amin, dan moga kesuksesan milik kita.

  5. Bayu ardiyanto on 28 Februari 2012 09.18

    Wah,,, mantab nih tips-nya

    terima kasih atas informasinya mas ^_^

  6. Ahsan Muhlisun on 20 Maret 2012 00.13

    ok..saya doakan sukses mas bro..dan menjadi PNS yang baik..