Memiliki rumah pasti menjadi keinginan bagi semua keluarga. Baik mereka yang sudah memiliki anak maupun yang baru menikah. Karena rumah menjadi sarana yang penting bagi keluarga untuk membangun semua proses kegiatan hidup. Dan salah satu pilihan untuk memiliki rumah adalah membeli perumahan. 
Ada banyak alasan seseorang membeli perumahan. Ada yang hanya untuk investasi, namun tak sedikit pula yang membeli perumahan karena faktor dana yang belum cukup jika membangun rumah sendiri. Namun apapun alasannya ada untung dan ruginya jika kita membeli dan tinggal di perumahan. Berikut ini adalah gambaran kelebihan dan kekurangan jika kita membeli perumahan.


Kelebihan membeli perumahan :

  • Biayanya terjangkau. Semakin sedikitnya lahan serta jumlah keluarga baru yang makin bertambah menjadikan perumahan menjadi pilihan yang masuk akal. Untuk membangun rumah kita mesti membeli tanah atau pun membeli rumah yang tentu harganya jauh lebih mahal. Berbeda jika kita membeli perumahan, karena kita bisa mencicil sisa biaya pembelian rumah. Apalagi adanya potongan biaya bagi pegawai tertentu seperti PNS. Sehingga biaya yang ada bisa dimanfaatkan untuk pembelian kebutuhan lainnya.
  • Rumah yang siap dihuni. Perumahan biasanya sudah memiliki fasilitas dasar yang siap untuk dihuni. Karena biasanya di sana telah dibangun pula kamar, ruang tamu , dapur serta fasilitas listrik. Bagi mereka yang tidak terlalu mengerti tentang dunia rancang rumah maka akan memudahkan. Walaupun berbeda bagi mereka yang tahu dan memiliki jiwa seni. Karena ada yang kurang sreg biasanya.
  • Lingkungan yang cepat ramai dan bersahabat. Tinggal di perumahan biasanya lebih cepat ramai. Untuk yang tidak mudah bergaul dan beradaptasi akan mudah "termaafkan". Karena kita tidak terlalu menghiraukan dengan orang-orang di sekitar kita. Kita akan jauh lebih sibuk dengan urusan kita masing-masing. Selain itu kita merasa senasib sebagai pendatang di situ. Berbeda dengan jika kita pendatang di lingkungan masyarakat yang bukan perumahan. Mereka akan melihat secara detil diri kita. Sehingga jika ada hal-hal yang kurang berkenan bisa menimbulkan masalah. Contohnya diincar harta bendanya atau pun hal hal yang lain. meskipun tidak semua sama perlakuannya.
  • Fasilitas yang mudah diperoleh. Ada beberapa fasilitas penunjang yang sangat penting yang mudah dibangun kala kita membeli perumahan. Fasilitas tersebut seperti sambungan listrik yang cepat, jalan masuk yang sudah di aspal, keamanan, dan yang lainnya. 
Adapun kekuranganya adalah :
  • Bangunan rumah yang tidak meyakinkan. Banyak perumahan yang dibangun asal jadi saja. Pengembang hanya mencari keuntungannya saja. Tanpa memikirkan keselamatan dan bangunan yang standar. Seperti kayu yang digunakan, perbandingan campuran semen dan pasir serta konstruksi dasar bangunan lainnya. Sehingga tak jarang pembeli membongkar ulang hampir 75% bangunan yang sudah ada. Banyak kecurangan yang dilakukan baik oleh pemborong, maupun tukang sebagai pekerja lapangan.  Sehingga tak jarang terjadi ketidak nyamanan. Seperti kebocoran genteng, pipa pembuangan yang macet, instalasi listrik bermasalah maupun tembok yang mudah retak.  Maka libatkanlah diri anda dalam proses pembangunan jika anda membelinya dari sebelum dibangun.
  • Sempitnya lokasi tanah. Bagi mereka yang hobi menanam dan beternak akan kesulitan untuk menyalurkan hobi dan bakatnya. Karena kita tidak memiliki tempat yang cukup untuk menanam banyak pohon buah maupun memelihara binatang unggas. Sebenarnya bisa dilakukan tapi sangat terbatas sekali.
  • Bingung menyimpan barang-barang. Bagi mereka yang memiliki banyak barang tentu akan sulit untuk mengatur dan menempatkan barang-barang. Hal ini disebabkan terbatasnya ruangan yang ada dalam perumahan. Terjadi penumpukan yang kurang sedap dipandang mata. Sehingga sulit untuk menyimpan barang dalam jumlah yang banyak. Seperti kendaraan,  barang pecah belah maupun mainan anak.
  • Ruangan yang panas. Mungkin bagi mereka yang tidak biasa panas butuh menghidupkan AC maupun kipas angin terus menerus. Hal ini disebabkan suasana ruangan  yang panas jika tidak ada alat pendingin udara, baik siang maupun malam. Tentu biaya listrik cukup membengkak.
Memang itu tidak menjadi penilaian yang sama pada semua perumahan. Tentu akan berbeda bila perumahan yang kita beli perumahan yang mewah. Hanya untuk perumahan bagi kelas menengah kebawah gambaran lebih kurangnya seperti itu. Moga bisa menjadi informasi penambah wawasan sebelum membelinya.


Comments

2 Responses to “Kelebihan dan Kekurangan Membeli Perumahan”

  1. Adang Muhammad on 19 Februari 2012 21.14

    Informatif dan penting untuk di perhatikan mas...

    salma bahagia
    Gerakan Hibah Buku

  2. Ahsan Muhlisun on 19 Februari 2012 22.45

    Thank mas untuk kunjungannya ke ruan saya. salam sukses dan bahagia kembali.