Diantara kita pasti banyak yang tahu dengan pohon pisang. Apalagi buahnya termasuk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, buah pisang juga tergolong murah dan mudah untuk didapat. Sehingga hampir semua lapisan umur biasa mengkonsumsinya.

Namun pernahkah kita memperhatikan kehidupan pohon pisang? Ini adalah pengalaman berharga yang pernah saya alami. Maka saya dapat katakan ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari semangat hidup pohon pisang. 



  • Pohon pisang memiliki semangat tumbuh yang sangat besar. Ketika kecil, saya sering menebang pohon pisang yang banyak tumbuh di sekitar rumah saya. Ada rasa penasaran dalam pikiran saya. Tak lama setelah batangnya saya tebang, maka batangnya akan tumbuh lagi hanya dalam hitungan jam. Hal itu pun saya lakukan sampai berulang kali. Hampir setiap hari saya tebang batang pisang tersebut. Namun anehnya batangnya kembali tumbuh. Seolah-olah ingin memberi tahu bahwa apapun halangan yang ia temukan ia akan terus tumbuh untuk menghasilkan buah. Tak pernah putus asa dengan ulah saya yang setiap hari memotongnya. Begitulah semangat hidup pohon pisang yang terus bersemangat untuk tetap hidup dan tumbuh sebelum ia menghasilkan buah yang berguna untuk orang lain. Begitu hebat semangatnya untuk tumbuh, hingga tak butuh waktu lama. Begitu batangnya terpotong, maka saat itu juga batangnya akan kembali tumbuh. Maka ketika kita mendapatkan kegagalan dan kekecewaan seharusnya detik itu juga semangat untuk kembali berjuang dan berhasil kita tanamkan dalam hati. Sehingga kita tidak membiarkan hati kita larut dalam perasaan sedih dan kecewa. Selama belum berpisah nyawa dari raga, selama kesempatan masih ada, maka tak ada yang tak mungkin untuk diraih. Tak terkecuali sesuatu yang hanya mimpi.
  • Pohon pisang akan berusaha keras untuk menghasilkan buah . Setelah berulang kali pohon pisang tersebut saya potong, akhirnya dari batangnya yang hanya separuh muncul jantung berisi calon buah pisang. Sungguh saya terkejut dengan hal ini. Karena walaupun kondisinya terpotong dan tumbuh tanpa daun, namun pohon pisang tersebut bisa mengeluarkan jantung yang berisi calon buah pisang. Semenjak itu saya tidak pernah lagi memotongnya. Ada rasa kasihan dalam diri saya untuk memotong batangnya tersebut. Sungguh pohon pisang tersebut ingin memberikan pelajaran bahwa bagaimanapun kondisinya, ia berusaha kuat untuk dapat menghasilkan buah yang berguna untuk orang lain. Mungkin untuk hewan atau pun manusia. Tak perduli dengan kekurangan yang ada padanya.  Tak perduli pula dengan hasil buah yang ia berikan. Yang penting adalah ia telah berhasil menghasilkan buah sebagai lambang keberhasilan hidup. Ini berarti seharusnya kita yang jauh lebih sempurna, memiliki motivasi dan keinginan kuat untuk bisa membuat dan menghasilkan sesuatu yang berguna untuk orang lain. Dan jangan perdulikan dengan fisik kita. Malu rasanya kalau kita hanya bergantung pada orang lain. Apapun yang dihasilkan bukanlah menjadi ukuran. Namun keinginan kuat kita untuk menghasilkannya karya yang menjadi ukuran.
Tentunya kita jauh lebih sempurna dari pohon pisang. Namun fenomena banyaknya aksi bunuh diri disekitar kita mengingatkan kita bahwa ada banyak orang yang tidak memiliki motivasi untuk hidup. Banyak orang-orang yang merasa putus asa dengan segala cobaan dan rintangan hidup yang mereka temui. Sehingga mereka pikir bunuh diri adalah cara terbaik untuk menyelesaikannya. Padahal justru dengan bunuh diri muncul permasalahan baru yang lebih berat lagi. Baik di dunia maupun di akhirat. Tak pantas rasanya kalau kita sebagai manusia yang sempurna justru kalah oleh sebatang pohon pisang. Maka  tak ada salahnya rasanya jika kita belajar semangat hidup dari pohon pisang.

Comments

5 Responses to “Belajar Dari Semangat Pohon Pisang”

  1. Jelajah Nesia on 15 Maret 2012 23.56

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

  2. Yudizhou on 16 Maret 2012 00.09

    makasi infonya.

    www.unikgaul.com

  3. Ahsan Muhlisun on 16 Maret 2012 03.14

    Thanks balik bro untuk kunjunganya..ane langsung ke tkp.

  4. EL Mahbub on 16 Maret 2012 16.48

    kunjungan perdana sob,,
    tulisannya menarik, :)
    salam kenal ya mas bro... ^^
    by GUBUK45

  5. Ahsan Muhlisun on 17 Maret 2012 00.58

    Thanks untuk kunjunganya.salam silaturahmi blogger juga.