Saat ini PLPG menjadi pilihan utama bagi para guru yang ingin mendapatkan sertifikat sertifikasi. Hal ini dianggap jauh lebih menguntungkan dan juga lebih aman untuk menghindari praktek kecurangan dari pada mereka yang memilih jalur portopolio. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh para guru peserta PLPG adalah ilmu dan pengalaman baru yang mereka dapatkan selama mengikuti PLPG. Karena disana mereka akan diberikan berbagai macam metode pembelajaran serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Namun demikian ada sebagian guru yang merasa khawatir dengan PLPG. Hal ini dirasakan terutama bagi mereka para guru yang telah berusia tua. Wajar karena tentu kemampuan fisik serta berfikir sedikit menurun. Sementara kegiatan yang wajib diikuti selama proses PLPG begitu padat. Tak heran banyak diantara para peserta yang mengalami sakit atau pun stress karena banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan. Belum lagi jadwal materi yang begitu padat selama 9 hari. 


Sebenarnya PLPG tidak lagi seberat di awal tahun pertama dilaksanakannya. Ada  beberapa hal yang lebih memudahkan peserta. Misalnya tidak ada lagi pemberian materi pada malam hari, pembuatan tugas yang sederhana dan kemudahan lainnya. Berikut ini adalah tips agar lulus PLPG :

Persiapkan perangkat dan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran
Usahakanlah untuk membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, media pembelajaran, analisis ulangan, kertas folio serta PTK. Selain itu tentu kita perlu mempersiapkan dan membawa segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelajaran seperti buku ajar, kurikulum, buku catatan, dan alat tulis. Semua itu penting agar ketika kita diberikan tugas, kita telah memiliki contoh yang bisa kita salin. Sehingga pembuatan tugas tidak lagi memakan waktu lama karena kita tinggal menyalinnya saja. Hal ini penting terutama bagi guru yang telah berusia di atas 50 tahun. 

Ikuti peraturan dan kewajiban yang ada selama proses PLPG
Selama mengikuti PLPG tentu ada aturan dan kewajiban yang harus dilakukan dan dipenuhi oleh para peserta. Dan biasanya aturan dan kewajiban yang harus dipenuhi adalah mengenai kehadiran, pengumpulan tugas, partisipasi dalam tugas kelompok, serta tentu tidak melakukan tindakan yang buruk. Umumnya pelanggaran akan aturan bisa menyebabkan peserta tidak lulus. Oleh karena itu ikutilah semua aturan dan kewajiban secara maksimal. 

Bekerjasamalah dengan peserta lain dan jangan egois
Diakhir-akhir proses PLPG, para peserta diharuskan untuk melakukan praktek mengajar. Tentu ada perasaan yang berbeda saat kita mengajar di depan siswa dengan saat mengajar di depan guru-guru dan tutor. Wajar karena tentu kita dituntut untuk dapat melaksanakan teori pembelajaran yang diajarkan saat PLPG secara langsung. Di sanalah akan terlihat kekurangan kita. Oleh karena itu tentu dibutuhkan kerjasama dengan peserta lain yang bertugas sebagai murid. Diskusikanlah mengenai apa yang sebaiknya dilakukan oleh kita sebagai guru dan peserta lain sebagai murid selama proses micro teaching. Tak perlu egois dengan menonjolkan kemampuan dan keunggulan kita didepan peserta lain. Karena bagaimanapun tentu ada diantara peserta PLPG yang memiliki kemampuan yang kurang. Sehingga perlu bantuan dari peserta lain. Karena tujuan yang dituntut adalah agar semua peserta PLPG dapat lulus 100%.

Buatlah semua tugas secara maksimal
Salah satu hal perlu dipenuhi oleh semua peserta adalah pembuatan tugas secara tertulis. Biasanya tugas tersebut adalah membuat RPP, PTK, atau pembuatan tes. Usahakanlah untuk membuat semua tugas tertulis tersebut secara maksimal. Tak perlu memikirkan bagus atau jelek  tugas kita. Yang penting kita membuat dan mengumpulkan tugas tersebut. Begitu pula saat membuat tugas PTK. Buatlah yang mampu kita buat sesuai dengan waktu yang disediakan.

Sesungguhnya PLPG bukanlah momok yang harus ditakuti oleh para guru. Karena tujuan utama PLPG adalah untuk memberikan ilmu dan pengalaman yang bermutu kepada para guru. Pemerintah berharap bahwa PLPG akan  membuat kemampuan para guru meningkat dan berkembang dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Terutama bagi mereka yang telah lulus mengikuti PLPG. Dan kesejahteraan yang lebih baik  dapat dirasakan oleh para guru tersebut.




Comments

No Responses to “Tips Lulus PLPG”