Siapapun tentu mendambakan  anak dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Anak bisa dianggap segalanya dalam keluarga. Karena anak merupakan anugerah yang dititipkan oleh Allah kepada kita. Ini berarti anak bisa membawa banyak hal kepada kita. Baik yang bersifat berkah maupun cobaan. Namun tentu kebaikan yang kita harapkan.

Ada banyak manfaat ketika anak hadir dalam kehidupan keluarga kita. Manfaat yang pertama adalah anak menjadi media untuk mempercepat proses mencairnya konflik diantara suami dan istri. Dalam proses menjalani kehidupan berumah tangga, tentu akan ada perselisihan dan perbedaan pendapat. Ini berarti kita akan bisa berada pada situasi dimana kita bisa saling tidak menyapa dan berkomunikasi dengan pasangan kita. Hal tersebut bisa berlangsung singkat namun bisa berhari-hari. Tentu akan sangat menyiksa kala dalam sebuah rumah, si suami dan istri tidak saling sapa. Ada perasaan yang kurang enak dan nyaman untuk mencairkan situasi tersebut. Maka ketika ada anak-anak, mereka bisa menjadi alat untuk mempercepat berakhirnya konflik. Baik dilakukan dengan sengaja, maupun tanpa sengaja. Karena bagaimanapun, anak adalah yang paling utama. Misalnya ketika anak menangis, anak minta bermain, atau ketika anak sakit. Maka pasti baik istri maupun suami akan rela untuk memberikan perhatian kepada anak-anak mereka tanpa menghiraukan konflik yang sedang mereka hadapi.  Dan tanpa sengaja, keadaan tersebut bisa merangsang perasaan malu untuk melanjutkan perselisihan.Sehingga kebersamaan dan komunikasi akan kembali terjalin.

Yang kedua anak pembawa rizki. Setiap manusia yang lahir ke dunia pasti dibekali dengan rizki masing masing. Ini berarti ketika kita memiliki anak, maka akan bertambah rizki yang kita dapat. Memang bukan berarti kita harus menganut paham banyak anak banyak rizki. Tetapi dengan adanya anak yakinlah rizki pun akan ditambahkan pada keluarga kita.

Yang berikutnya adalah anak sebagai kebanggaan keluarga. Anak merupakan sesuatu yang tentu kita harapkan untuk menjadi penerus generasi kita. Ini berarti kita menginginkan generasi yang terbaik. Maka sungguh akan ada kebanggan kala anak kita meberikan sesuatu yang menyenangkan untuk keluarga. Bisa prestasi sekolah, kesuksesan dalam pendidikan, atau kesuksesan dalam karir. Sungguh menyenangkan tentu ketika kita bisa mendidik anak kita menjadi anak yang sukses untuk dirinya, keluarga, masyarakat dan sukses  kelak diakhirat.

Comments

No Responses to “Pentingnya Anak Dalam Keluarga”