Ngidam adalah istilah yang populer di kalangan ibu-ibu yang sedang hamil muda. Ngidam berarti menginginkan sesuatu yang harus dituruti ketika kandungan berusia di bawah lima bulan. Apapun keinginan tersebut harus dikabulkan oleh sang suami. Tak perduli apa dan kapan keinginan tersebut diminta. Baik siang maupun malam hari, keinginan akan sesuatu harus dituruti. Tak heran butuh pengorbanan dan kesabaran untuk memenuhinya.

Ada kepercayaan dalam masyarakat kita bahwa apabila keinginan sang ibu yang hamil tidak dipenuhi, maka si anak akan ileran kelak.  Hal inilah yang mendasari perlakuan akan ngidam begitu besar. Sehingga memenuhi keinginan ibu hamil yang ngidam seolah menjadi kewajiban. Selain kekhawatiran bahwa kelak anak yang dilahirkan tidak normal, bila keinginan sang ibu tidak terpenuhi.
Ada begitu banyak keunikan ngidam yang di tuntut oleh mereka yang hamil muda. Ada yang menginginkan sesuatu yang sifatnya makanan atau minuman. Tapi ada juga keinginan yang bukan berupa makanan atau minuman. Inilah ragam ngidam ala ibu hamil muda yang cukup unik dan aneh :
  • Ngidam buah yang bukan musimnya. Tentu kita tahu bahwa tidak semua buah dapat ditemukan setiap saat. Ada buah yang musim hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Contohnya adalah rambutan, durian, duku, atau mangga. Tentu sulit dan pusing rasanya jika istri ngidam jus jambu batu yang lagi tidak musim. Apalagi saat buah tersebut tidak tersedia di toko buah maupun pasar swalayan. Perlu usaha dan kerja keras tentu untuk mengabulkan keinginan istri. Paling tidak cari atau beli di daerah yang mungkin lagi musim.
  • Ngidam makanan saat dalam perjalanan. Ada di antara ibu hamil yang meminta makanan yang mereka lihat di perjalanan. Sialnya tak jarang yang harus berbalik arah hingga jarak yang jauh hanya untuk memenuhi keinginan sang ibu hamil tersebut. Yang lebih bikin pusing lagi adalah makanan tersebut tak bisa digantikan dengan makanan yang serupa. Harus dari penjual yang mereka lihat. Tentu ribet mengabulkannya.
  • Ngidam makan di depan lubang wc. Ini bukan cerita fiksi. Tetapi cerita ngidam yang benar-benar nyata dan aneh. Ada ibu hamil yang kalau makan mesti berada di depan lobang wc. Bagi kita tentu sesuatu yang kurang masuk akal dan tidak sehat. Namun bagi dia makan di depan lobang wc adalah sesuatu yang nikmat. Entahlah, yang terpikir apa jadinya anaknya kelak he... Tapi buktinya kawan saya tidak ileran he. Meskipun ibunya ngidam seperti itu.
  • Ngidam tidak mau berdekatan dengan sang suami. Ini salah satu keinginan yang cukup merepotkan. Karena istri merasa sebel dan malas untuk berdekatan dengan suami mereka. Sang istri justru nyaman kala suami tidak ada di dekat mereka. Tentu  butuh kesabaran dari suami kala menghadapi keinginan istri yang seperti ini.
  • Ngidam menyentuh anggota tubuh orang lain. Keunikan lain adalah mereka yang ngidamnya menginginkan menyentuh anggota tubuh orang lain. Ada ibu hamil yang ingin menyentuh kumis pria yang ia lihat. Padahal pria tersebut tidak dikenalnya. Aneh memang tapi itulah ngidam. Mesti dikabulkan.
Tentu masih ada banyak keunikan ngidam di kalangan ibu-ibu yang hamil. Dan semua kembali ke keyakinan kita masing masing. Karena ada yang begitu kuat keinginannya, namun ada juga yang biasa-biasa saja. Yang pasti ada hikmah dibalik  keinginan tersebut. Suami seharus jauh lebih perduli dan perhatian saat istri mereka hamil. Khususnya ketika kehamilan berusia muda. Karena bagaimanapun tentu ada begitu banyak kebahagiaan saat anak lahir dengan normal. Dan sang ibu sehat selama dan setelah proses kehamilan. Sebelum segalanya berubah menjadi penyesalan.

Comments

No Responses to “Ngidam Dan Keunikannya”