Walaupun sudah ada anjuran untuk memberikan ASI sebagai susu terbaik bagi bayi, banyak ibu muda yang memberikan susu sapi  pada bayi mereka. Ada yang memberikan susu sapi formula  sebagai susu sambung, dan ada juga yang memberikan nya dari semenjak si bayi dilahirkan.  

Banyak faktor yang menjadi alasan pemberian susu formula. Faktor bayi lahir prematur biasanya yang paling banyak menjadi sebab pemberian susu formula. Karena kondisi bayi yang lemah dan lebih kecil ukurannya  menyebabkan sang ibu kesulitan memberikan ASI mereka. Selain itu bagi mereka yang lahir dengan menggunakan operasi  juga sedikit kesulitan karena kondisi sang ibu yang lemah setelah operasi. Namun untuk bayi yang dilahirkan secara normal maka akan sangat disayangkan jika memberikan susu formula saja. Karena baik sang bayi maupun sang ibu tidak terlalu mengalami kesulitan saat pemberian ASI. 


Sungguh ada pengaruh yang begitu nyata  pada proses perkembangan anak akibat pemberian  susu sapi formula. Pengaruh yang paling nyata adalah pada tingkah laku anak. Mereka yang mendapatkan ASI dari lahir hingga usia dua tahun, akan memiliki kepribadian dan perkembangan emosional yang baik. Mereka akan lebih mudah tersentuh saat melihat situasi yang membuat mereka sedih. Selain itu anak yang mendapatkan cukup ASI akan jauh lebih sensitif dan tanggap dengan keadaan sekitarnya. Hingga mereka mudah untuk mematuhi dan menerima aturan dalam keluarga.

Anak saya yang baru berusia 1.5 tahun sudah bisa menyambut saya dengan membawakan sepatu saya setelah pulang kerja. Sementara anak saya yang sudah 4 tahun, tidak pernah melakukannya. Dan saya tidak pernah menyuruhnya. Kemudian contoh yang lain adalah sulitnya anak untuk mematuhi aturan yang kita terapkan. Butuh berulang kali penjelasan dan teriakan untuk membuat anak kita mematuhi aturan yang kita buat. Dan hal ini berbeda pada anak saya yang mendapatkan ASI dari lahir. Dia akan mudah menerima dan mematuhi aturan yang diterapkan. Ya sewajarnya kebandelan sebagai anak balita. Contohnya adalah larangan untuk tidak menyakiti orang lain. Semisal merebut mainan, memukul adik, atau berbagi makanan. Hal sama yang saya terapkan pada anak anak. Namun mendapatkan respon yang berbeda.

Contoh yang lain adalah rasa peka pada anak. Ada kawan yang bercerita bahwa anaknya melarang dia berbicara dengan nada yang tinggi pada istrinya. Padahal pembicaraan mereka hanya obrolan biasa. Namun si anak merasa bahwa hal itu bisa menyakiti perasaan sang ibu. Hingga kesedihan nampak jelas pada permintaan anaknya. Dan masih banyak contoh yang saya rasakan.

Ini artinya anak yang mendapatkan ASI jauh lebih peka dengan keadaan di sekitarnya. Mereka akan lebih peka dengan lingkungannya. Peka terhadap apa yang terjadi pada sekelilingnya. Disamping mudahnya kita untuk menerapkan aturan dalam keluarga. Maka bisa jadi munculnya ketidak pekaan pada remaja kita adalah faktor ASI yang mereka dapat. Banyak guru yang kesulitan menghadapi kenakalan anak didik nya. Mudahnya remaja kita untuk emosi dan bertindak anarkis. Apalagi memang kurangnya  pendekatan emosional dan ajaran agama yang  mereka dapatkan. 

Memang ada banyak sekali hal yang mempengaruhi perkembangan anak. Pendidikan keluarga,faktor lingkungan dan pengalaman selama proses perkembangan mental bisa menjadi media nya. Namun semua perlu diawali dari pendidikan dini sejak mereka bayi. Dan salah satunya adalah pemberian ASI. Allah  SWT saja sampai memerintahkanya dalam Al-Qur'an.  Maka sesungguhnya ada banyak manfaat yang kita rasakan, baik dari kesehatan, maupun perkembangan mental.



Comments

7 Responses to “Pengaruh Susu Sapi Formula Pada Perkembangan Anak”

  1. Lapanam on 12 Februari 2012 pukul 23.01

    ASI bagi saya tetap yang terbaik. Baik bagi yang melahirkan ataupun si jabang bayi.


    salam
    di tunggu full backnya brada'

  2. Unknown on 13 Februari 2012 pukul 01.56

    Betul, begitu jelas perbedaannya. ok terimakasih atas kunjunganya.

  3. Unknown on 13 Februari 2012 pukul 03.27

    weh,,, aku belum punya anak
    tapi SIP,,, informasi bagus buat kedepan
    eheheheh

  4. Unknown on 13 Februari 2012 pukul 14.51

    silahkan nanti dilihat hasil dan perbedaaanya..jauh banget..

  5. kiki on 13 Maret 2012 pukul 21.12

    ya, memang benar Asi lebih baik, kalau bisa ya pake Asi. Bahkan orang tua yang sakit-sakitan pun sampai disarankan minum susu manusia atau Asi.

  6. Unknown on 16 Maret 2012 pukul 06.43

    Tak ada yang sia sia dan membawa mudharat pada apa yang diperintahkan Allah swt.sip

  7. Unknown on 20 Juli 2019 pukul 16.07

    Anak saya asi dari lahir tp kenapa ya anaknya g bisa diam terlalu aktif dan agak sulit dikasih pengertian