Komputer merupakan alat yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita saat ini. Pesatnya tekhnologi telah merubah kemampuan dan penggunaan komputer. Dahulu mungkin komputer hanya berada di satu tempat saja. Tetapi itu tidak berlaku saat ini. Ada banyak pilihan komputer yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita.  Ada laptop, netbook dan notebook yang memudahkan kita untuk menggunakan dan membawanya. 
Karena mudahnya dalam penggunaanya, maka kita betah untuk berlama lama di depan komputer. tidak jarang bisa sampai lebih dari 12 jam kita didepan komputer. Ada banyak alasan tentu yang menyebabkan kita berlama lama di depan komputer. Tuntutan pekerjaan, tugas belajar atau hobi  merupakan alasan yang sangat masuk akal.
Namun ada hal yang penting yang harus kita perhatikan. Bagaimanapun  kesehatan mata adalah hal yang harus kita perhatikan. Mata merupakan alat panca indra kita yang sangat vital. Sungguh disayangkan kalau kita merasakan kekurangan fungsi mata kita akibat pengaruh berlama lama di depan komputer. Mungkin hal ini tidak terlalu dirasakan oleh mereka yang masih muda. Namun munculnya masalah pada mata akan terasa lambat atau cepat. Diantara efek yang dirasakan adalah mata yang lelah serta kering. Maka berikut ini adalah tips untuk menghindari mata dari kekeringan dan kelelahan.

  • Beristirahatlah  selama lima atau 10-menit setiap jam. Fokus pada obyek yang jauh sesering mungkin. Cobalah kembali posisi monitor Anda untuk mengurangi silau dari semua sumber cahaya.

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi anti-bebas radikal seperti beta-karoten, vitamin C dan E, seng dan selenium untuk melindungi terhadap kerusakan radikal bebas.Mengkonsumsi  eyebright dalam bentuk kapsul atau teh dapat membantu. Ini membantu mempertahankan visi yang baik dan kesehatan mata dengan mendukung hati dan organ lain sedemikian rupa untuk membersihkan suplai darah ke mata. Ia juga bekerja dengan baik untuk menenangkan lebih-kepekaan terhadap cahaya. Bilberry adalah ramuan lain disetujui untuk mata lelah. Anthocyanidin di bilberry mendukung pembentukan jaringan ikat dan membantu memperkuat kapiler di mata. Bilberry juga mempercepat pengisian rhodopsin, pigmen ungu yang sel-sel saraf khusus di retina digunakan untuk penglihatan malam hari. Lycium dan bayam biasanya disertakan untuk efek sinergis. Hal ini penting untuk mendapatkan cukup tidur sebagai kelelahan dapat memperburuk kelelahan mata.
  • Latihan mata Anda dengan memutar mereka dalam gerakan melingkar tanpa menggerakkan kepala Anda. Berbaring, tutup mata Anda dan tempat kompres dingin di atas mata Anda. Santai selama sepuluh menit, Anda dapat mengganti kompres bila perlu. Hal ini banyak membantu untuk meringankan ketidaknyamanan. Atau, Anda dapat mencoba menggunakan kantong teh basah atau irisan mentimun dingin.
  • Sempatkanlah untuk melihat objek yang berwarna hijau. Seperti memandangi padi disawah secara dekat dalam jangka waktu tertentu. Hal ini akan menyegarkan mata kita yang lelah. Carilah waktu pagi sehingga sejuknya sangat terasa.
  • Minumlah air putih 8-10 gelas perhar
  • Jika kepala pusing setelah lama di depan komputer. Pijatlah bagian  di sekitar mata kita. Pertama pijatlah bagian luar atas mata kita. Ada pada ujung alis diatas mata kita. Setelah itu pijatlah di bagian atas ujung lekukan hidung dengan mata. kemudian pijatlah bagian bawah luar mata. Setelah itu terakhir bagian bawah dalam mata kita.

Comments

No Responses to “Tips Menjaga Mata Yang Lelah dan Kering Untuk Pengguna Komputer”